Wednesday, July 10, 2013

Tentang Perdamaian Suporter, Umuh: Harus Ada Pendekatan Intensif

Tentang Perdamaian Suporter, Umuh: Harus Ada Pendekatan Intensif


Diberitakan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menggagas pertemuan antara dua kelompok supporter yang berselisih, yakni pendukung Persib (Bobotoh) dan supporter Persija (Jakmania). Pertemuan ini diharapkan bisa meredakan pertikaian kedua belah pihak. Rencananya, rekonsiliasi akan dilaksanakan pada 15 Juni nanti.
Disinggung kabar tersebut, Manajer Persib Umuh Muchtar menyatakan semestinya diadakan pembicaraan internal terlebih dahulu di kalangan bobotoh. “Saya bilang, masalah itu harus ada pertemuan dulu dengan pengurus Viking, Bomber dan lainnya. Harus dibicarakan juga dengan para anggotanya,” ucap Umuh saat dijumpai di kediamannya, Selasa (9/7).
Umuh mengatakan jika antara kedua klub tidak ada masalah. Perselisihan terjadi diantara kedua kubu supporter. Namun perdamaian, menurut Umuh tidak akan semudah itu terjadi. Pasalnya, dalam 2 musim ini terjadi insiden yang melukai kubu Persib dan bobotohnya.
“Seperti kejadian pelemparan bus kemarin, ini seharusnya diselesaikan dulu. Kemarin kita di Jakarta dikeroyok bus kita. Itu bukan untuk memberikan shock teraphy aja, tapi lebih dari itu. Musim lalu juga ada bobotoh yang meninggal di Jakarta,” cerita Umuh.
Umuh mengapresiasi niat baik Menpora untuk mendamaikan bobotoh dengan Jakmania. Namun Umuh menambahkan, seharusnya ada pendekatan terlebih dahulu dengan masing-masing kelompok supporter tersebut.
“Kalau klub, Persib dengan Persija itu tidak pernah ada masalah. Tapi kalau supporter di kedua belah pihak belum clear. Menpora niatannya bagus. Tapi sulit juga kalau secepat ini. Karena lukanya masih basah, belum kering,” tutupnya.

No comments:

Post a Comment