Sunday, July 14, 2013

Siapa Pelopor Fanshop Viking Persib?

Siapa Pelopor Fanshop Viking Persib?


Bandung – Bagi bobotoh, nama The Original Viking Persib Fanshop sudah sangat akrab di telinga. Namun tak semua bobotoh tahu, The Original Persib Viking Fanshop merupakan pelopor fanshop Viking Persib lainnya.

Ada sedikit cerita. Delapan tahun lalu, tepatnya 2005 adalah awal The Original Viking Persib Fanshop mulai dirintis. Saat itu, fanshop Viking masih bertempat di Jalan Gurame Kota Bandung, sekretariat Viking Persib Club.

Seiring berjalannya waktu, fanshop Viking mengalami beberapa kali pergeseran tempat. Hingga akhirnya, memilih menetap di kawasan Jalan Banda. Ini seperti dikatakan, salah satu tim promosi The Original Viking Persib Fanshop, Aving Var.

“Awalnya di Jalan Gurame, yang juga sekertariat Viking Persib. Idenya sendiri karena ada kesamaan minat dalam ikut serta memajukan Persib. Waktu itu belum seperti sekarang ini, dulu sekitar tahun 2005 awal, masih sangat sederhana. Sempat juga pakai mobil truk (boks), namanya Original Mobile Store. Waktu itu sempat rusak dan akhirnya seperti saat ini di Jalan Banda,” kata Aving kepada INILAH.COM, Minggu (14/7/2013).

Menurut dia, Viking Fanshop (Banda) adalah yang pertama. Bahkan, dapat dikatakan yang pertama juga untuk sebuah fanshop komunitas di Indonesia.

Dengan tujuan ingin memberikan kemudahan bagi anggota komunitas Viking dan bobotoh lainnya, Viking Fanshop mulai merilis segala atribut berbau Maung Bandung. Sebab pada saat itu, atribut skuat Persib tidak semudah seperti saat ini untuk didapat.
“Intinya, untuk mempermudah anggota atau bobotoh lain yang ingin baju Persib dan atribut lainnya. Viking organisasi besar, peminatnya banyak. Selain mudah, bobotoh juga akan semakin memiliki style. Dampaknya pun sangat positif. Bobotoh sangat antusias, lantaran tidak merasa susah memiliki atribut berbau Persib,” ucapnya.

Seperti fanshop berbau sepak bola lainnya saat ini, Viking Fanshop terbilang lengkap dalam merilis beberapa produknya. Sebut saja produk kaus, hingga stiker Maung Bandung tersedia. Urusan harga pun masih terbilang standar, mulai Rp15 ribu hingga Rp200 ribu.

“Produknya sendiri sangat lengkap, mulai dari kaus hingga stiker. Untuk harga variatif, seperti kaus mulai dari 85-95 ribu, jaket mulai dari 150-200 ribu, Topi 65 ribu, celana 150-175 ribu, sweater 150-180 ribu. Tas 115-130 ribu, kemeja 150 ribu dan stiker mulai dari 15-20 ribu (tergantung besar kecilnya),” jelasnya.

Dalam beberapa waktu, Viking Fanshop selalu memanjakan konsumen dengan memberikan potongan harga hingga 30%. Seperti moment-moment Ultah Persib, Bobotoh dan Ultah Viking. Bahkan, tak hanya di tiga momen itu saja. Diskon pun diberikan disetiap bulannya.

“Untuk produk, Viking fanshop produksi sendiri dengan label The Original Viking Fanshop. Ada juga dari supplier seperti Original Fanstore, Official Merchandis Viking, Persib Forefer 3393 dan Zona Biru Fanstore. Soal desain, minimal satu bulan 50 desain. Harus banyak pilihan. Kita kadang limited edition hanya tiga lusin untuk satu desain,” ucapnya.

“Satu bulan lebih dari 1.000 stok. Tetapi kalau Persib main, kita nambah stok, karena selalu kekurangan. Kita juga bikin edisi tertentu, seperti saat nanti jika Persib menang lawan Persija. Kita akan bikin edisi itu,” tambahnya.

Selain piawai mengurusi urusan style bobotoh, The Original Viking Persib Fanshop pun kerap mesponsori beberapa acara bertema skuat Persib di layar kaca.
“Kita juga sering meng-handle acara-acara di televisi lokal dan nasional,” pungkasnya. [gin]

No comments:

Post a Comment