Thursday, July 18, 2013

Ini Dia Alasan Persib Gelar Latihan Malam


Ini Dia Alasan Persib Gelar Latihan Malam


Bandung – Pelatih penjaga gawang Persib Anwar Sanusi mengaku tak menambahkan menu spesial selama latihan di bulan puasa kepada kiper skuat Maung Bandung.

Hanya saja, menurutnya, khusus untuk bulan puasa ini mungkin kiper tidak bisa menjalani latihan secara maksimal. Sebab, kata dia, pola waktu makan yang berubah.

”Latihan sama aja, cuman mungkin kan kalau sekarang kan dalam keadaan puasa, kalau sore kondisi tubuhnya dalam keadaan puasa, jadi mungkin latihannya tidak selalu terforsir dengan maksimal, takutnya asupan cairan,” ucap Anwar saat dijumpai seusai latihan di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (17/7/2013).

Kendati begitu, pria yang akrab disapa Away ini tidak khawatir dengan kondisi anak asuhnya ketika menjalani latihan atau pun bermain pada malam hari. Syaratnya, para penjaga gawang Persib banyak mengkonsumsi air minum setelah berbuka puasa, minimal sudah bisa memperbaiki kondisi tubuh.

Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan saat menjalani latihan atau pertandingan malam hari adalah faktor cuaca. Sebab menurutnya, cuaca pada malam hari cukup berpengaruh terhadap kondisi tubuh, ditambah lagi dengan kecepatan angin yang tidak stabil.

“Kita hanya membiasakan aja, karena faktor waktu, karena mungkin kan cuacanya juga tidak menentu, kadang-kadang kan angin yang besar,” tutur mantan pemain era 90-an ini.

Masih menurut Away, waktu bermain di dua laga tandang nanti pun sudah terbilang larut malam. Pasalnya, pertandingan baru akan dimulai pada pukul 21.00 WIB, dan semakin beranjak malam. Walhasil, cuaca pun akan turut berubah, maka hal inilah yang harus bisa disiasati.

Selain itu, hal paling utama adalah menyesuaikan para penjaga gawang perihal pencahayaan pada malam hari. Sebab, kejelian penglihatan penjaga gawang merupakan salah satu hal vital dari seorang kiper. Meski Away menganggap anak asuhnya sudah terbiasa bermain malam hari, alangkah lebih baiknya hal itu dipupuk dari sekarang.

“Mungkin adaptasinya ke penerangan, ya makanya kan ini kita walau pun mereka (kiper Persib) sudah terbiasa, kita membiasakan lagi supaya adaptasinya tidak terlalu lama, makanya kita latihan malam,” tutupnya. [gin]

Sumber: inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment