Tuesday, April 9, 2013

Goyobod Kliningan


Es Goyobod
Es goyobod segar dan nikmat di saat hawa panas
Campuran agar-agar aci sagu, sekoteng dan alpukat yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis dilengkapi dengan tambahan roti manis. Hmm, segelas goyobod segar bisa menghilangkan rasa dahaga.
Goyobod, minuman tradisional khas kota Garut ini tidak hanya dikenal masyarakat setempat. Saat ini goyobod sudah dikenal masyarakat luas, termasuk masyarakat kota Bandung. Banyak pedagang goyobod yang dapat dijumpai di jalan-jalan kota Bandung, baik berdagang berkeliling ataupun menetap. Berbeda pedagang, berbeda pula rasa goyobod yang ditawarkan. Salah satu tempat yang menawarkan goyobod dengan rasa berbeda dan memiliki ciri khas adalah Goyobod Kiliningan, atau lebih dikenal dengan GOKIL.
Sesuai dengan namanya, es GOKIL berlokasi di Jl. Kiliningan B-9 Bandung menempati halaman dan garasi bekas rumah dinas. Area garasi sangat digemari kalangan pelajar, tidak aneh karena lokasi GOKIL berdekatan dengan sekolah-sekolah. Sedangkan area halaman merupakan area yang digemari banyak kalangan karena letaknya yang sejuk tepat dibawah pohon yang rindang.
Usaha yang dirintis “Abah” (panggilan akrab pemilik GOKIL) sejak 5 maret 2000 ini, sudah memiliki omzet yang sangat besar. Setiap harinya, Abah dapat menjual 2000-3000 gelas. Bila bulan puasa tiba, GOKIL bisa menjual lebih dari 5000 gelas perharinya.
“berjualan goyobod merupakan usaha turun temurun dari keluarga” ujar Abah. Abah sangat menjaga ciri khas dan keaslian GOKIL. Saat ini GOKIL sudah memiliki cabang baru di Jalan Karapitan Bandung. Ketika ditanya mengenai keinginan menambah cabang, Abah tidak ingin cepat-cepat menambah cabang baru. Hal itu dikarenakan, setiap cabang GOKIL baru harus memiliki cita rasa dan ciri khas yang sama dengan pusat GOKILnya. “karena membuat GOKIL itu manual, pake rasa, jadi gak bisa sembarang orang jual GOKIL. Takutnya, dibuka cabang GOKIL baru, malah rasa yang ditawarkan cabang baru berbeda dengan GOKIL sebelumnya” ujar Abah.
Saat ini GOKIL memiliki tujuh pegawai, dua di antaranya bekerja di cabang baru. Pegawai yang diposisikan di pusat tidak hanya sekedar dipekerjakan, tetapi dilakukan pembinaan dan pelatihan agar bila suatu saat dibuka cabang baru GOKIL, orang yang memimpinnya mengerti benar bagaimana membuat GOKIL sehingga keaslian ciri khas dan rasa GOKIL bisa terjaga.
Untuk menikmati segarnya segelas GOKIL, cukup meraih kocek sebesar Rp2500,-.  Selain terdapat grobak GOKIL, terdapat juga jajanan lain seperti tahu gejrot, batagor, lumpia, dll. Sebelumnya, di area tersebut hanya menjual Goyobod saja, tetapi karena semakin lama semakin ramai dikunjungi, pedagang-pedagang lain tertarik menyewa tempat untuk berjualan. Bagi Anda yang ingin menikmati segarnya GOKIL, bisa mengunjungi Jalan Kiliningan dari pukul Sembilan pagi, tetapi jangan datang terlalu sore, karena GOKIL biasanya habis menjelang sore.




Goyobod Kiliningan
Jl. Kiliningan B-9 Bandung
Telepon : 022 731 2611




Peta: SPBU Martanegara Asri - Goyobod Kliningan

Sumber: http://citizenmagz.com

No comments:

Post a Comment