Thursday, April 18, 2013

Bakso Atom Cendana

Bakso Atom Cendana




Bandung - Namanya Baso Atom. Jika melewati Jalan Cendana pastikan mampir ke tempat ini. Disajikan ala yourself service alias melayani sendiri. Saat datang, pelayan langsung membukakan wadah-wadah aluminium yang berisi berbagai macam baso dalam keadaan panas.

Pasti akan kebingungan memilih. Beda dengan tempat lainnya, di sini ada sebanyak 10 macam varian bakso disediakan. Beberapa diantaranya tidak akan ditemukan di tempat lain. Selain baso urat atau baso keju yang sudah lebih dulu populer ada baso buntel, baso sutera, baso sumsum, baso udang dan dan lain-lain.

Inspirasi membuat banyak varian bakso ini datang dari seorang mantan eksekutif perusahaan asal Jakarta, Prabowo. Empat tahun lalu Prabowo merintis usaha bakso di Jakarta. Untuk Bandung sendiri Prabowo baru membuka outlet Baso Atomnya dua tahun yang lalu.

"Awalnya hanya bakso biasa saja," ujar Sugeng Riyadi (24), Supervisor Bakso Atom Bandung. Tapi akhirnya Prabowo berinisiatif untuk memunculkan variasi lain agar pengunjung tertarik.

Baso yang pertama diperkenalkan adalah baso keju. Berisi keju halus yang dibentuk bulat kemudian dimasukan ke dalam adonan daging. Menurut Sugeng, selama dua tahun cukup sulit untuk memperkenalkan baso keju ini. "Selama dua tahun baso keju ini dijual gratis," ujar Sugeng.

Tapi lama-lama pembeli juga tertarik dan kini baso keju menjadi salah satu baso favorit di tempat ini. Selain baso sumsum yang sudah lebih dulu muncul sebelum baso keju.

Satu per satu muncul baso dengan varian isi lainnya. Misalnya baso sutera yang isinya adalah campuran antara tofu dan otak sapi yang dihaluskan. Penasaran bukan? Atau bisa mencoba baso buntel. Baso berbentuk kotak campuran antara daging sapi, wortel, daun bawang. Tapi saking halusnya sampai-sampai sayurannya tidak terlihat. Baso tersebut dibalut dengan kulit lumpia lalu digoreng.

Bulatan baso lumayan besar. Dengan tiga buah baso saja sudah bisa membuat kenyang. Harganya bervariasi. Ada yang Rp 3.500, Rp. 5.500 sampai Rp 6.500 per butirnya. Disajikan hanya bersama dengan soun. Untuk sounnya, pembeli bebas mengambil sebanyak-banyaknya.



Peta: SPBU Martanegara Asri - Bakso Atom Cendana

Sumber: http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment