Wednesday, June 26, 2013

Bakso Uleg Temanggung

Bakso Uleg Temanggung

hmm.. start action ngomongin makanan yukkk… dari judul bisa ditebak kan, M bakal bahas BAKSO, tapi bukan bakso biasa. karna M tinggal di Temanggung, jadi yang mo M angkat ya bakso khas temanggung yaitu BAKSO LOMBOK ULEG.
hihi dari baca namanya pasti ada yg udah bisa bayangin kan.. makanan ini cocok banget buat mereka penyuka pedazz
yuppi
nah, apa bedanya bakso uleg sama bakso biasa? dibandingin bakso biasa, bakso uleg kuahnya lebih bening, lebih segar, dan tanpa campuran mie, sebagai gantinya bakso uleg pake ketupat [ato lontong] dan pake tahu [biasanya tahu kering dan jauh lebih banyak drpada bakso biasa].
yg paling spesial nih, *sesuai namanya, sebelum diracik baksonya dalam mangkuk, pelanggan kudu nyebutin dolo mo pake berapa cabe [cabe rawit ijo..hmm], sesuai selera.. abis itu diuleg di mangkuk baru deh kasih bakso-tahu-en kuahnya. makanya sensasi pedesnya beda ma bakso laen.. bukan pedes sambel, tapi dari cabe segar.. *nelen ludah -kemecerrr-
Di Temanggung ada banyak penjual bakso uleg tentunya disajikan dengan khas resep masing², ada yang paling terkenal yaitu Bakso Uleg Pak Di. letaknya di jalan Jend Soedirman depan Bank BRI Temanggung. tempatnya emang ga terlalu besar, tapi bersih dan nyaman. pelayanan juga ramah.. dan yang paling penting.. rasanya ajiiiiiiiiiiiiiiibbb..
beberapa seleb konon pernah tu nongkrong kesitu.. klo ga salah pernah diliput tipi segala.bakso1
*)bakso Pak Di
dan gutnyusnya nih.. bakso Pak Di bisa dinikmati juga di jogjakarta tepatnya di  jl. Godean sebelah barat Mirota Godean [yang M tau di Magelang juga udah ada juga.. tapi M lom tau tempatnya].
masih sekitar jln. Jend Soed satu jalan dengan bakso Pak Di, ada juga deket situ bakso Pak Amat. lebih kecil lagi tempatnya.. tapi soal rasa, bisa bersaing.. soalnya sama ramenya. menurut M yg pernah nyoba keduanya, di tempat Pak Amat ini, porsi tahu sama bawang gorengnya lebih banyak.. jd cocok tuh buat yg mo makan murah tp kenyang,.
beberapa waktu lalu M kedatangan temen dunia maya, kang seno namanya. dia asli Temanggung tapi udah belasan thn tinggal di Bandung. kemaren dia mudik sebentar, dan kangen pengen ngicipin bakso. M antarlah kang seno ke bakso Pak Di, dan dia terkesan sekali.. hihihi.. dia jadi susah meninggalkan Temanggung gara-gara makan bakso itu *suerr ga lebay
tp untuk orang-orang kek kang seno ini.. ga usah kuatir.. karena eh karena, bakso uleg temangung udah hadir di Kota bandung!!
lhoh? ada tho? ntar klo beda sama yg di Temanggung gimana?
hmm.. tenang ajah.. bakso uleg yg ada di Bandung itu yg buka cah temanggung tulennn, hihi dia kangmas M [beda bapak beda ibu alias kakang ketemu gedhe] namanya Mas Wiwied. tempatnya di Jl. Ciwastra 181 Bandung. 022-70325400
bakso-uleg-manggung**)warungnya mas wiwied
bakso***)menunya bikin ngilerr
ga cuman bakso uleg ala Temanggung aja yg disajiin tp juga bakso uleg berbagai macam selera yg ‘masa kini’ bgt
gmn rasanya? hmm silakan anda coba sendiri aja.. *soalnya M blom pernah huehuehueue…
moga besok bisa mampir….. stop ngrampok baksoneee..


Peta: SPBU Martanegara Asri - Bakso Uleg Temanggung

Sumber: http://cemani.wordpress.com

No comments:

Post a Comment