Tuesday, April 2, 2013

Nasi Timbel Bawean


Nasi Timbel Bawean

Lokasi Nasi Timbel Bawean adalah di Jl. Bawean, depan toko roti Bawean. Nama tenarnya adalah Timbel Bawean. Sudah berjualan sejak tahun 86-an, dan termasuk pelopor nasi timbel di Bandung, dengan menu yang agak beda dengan kebanyakan menu nasi timbel yang ada di Bandung, yaitu nasi timbel beras merah.
Lalu apa kefadlolan nasi berbahan beras merah? Dari berbagai sumber referensi, ternyata nilai gizi beras merah adalah lima kali dari kandungan gizi beras putih. Berbeda dengan beras putih yang merupakan hasil gilingan sehingga akan kehilangan kulit arinya, beras merah bukan dari hasil giling, melainkan dari hasil tumbuk sehingga kulit ari, yang di dalamnya banyak mengandunng serat dan minyak alami, tidak banyak terbuang. Makanya beras merah banyak dipakai sebagai bahan makanan untuk bayi, karena kandungan gizi, vitamin dan mineralnya. Selain itu serat yang terkandung dalam kulit ari beras merah juga berfungsi sebagai pencegah penyakit jantung, kanker, kegemukan, diabetes dll. Jadi kenapa nasi timbel Bawean tidak Anda coba untuk makan siang Anda hari ini?

Tempat ini paling ramai adalah sewaktu makan siang. Dengan pelayanan ala prasmanan Anda bisa memilih menu sendiri sesuai dengan selera Anda. Ayam goreng sebagai menu wajib, ikan goreng, tahu, tempe goreng atau bacem, daging gepuk, pepes tahu, pepes usus, tumis usus, dan pepes peda merupakan menu penggoda untuk menyantap nasi timbel beras merah. Tak ketinggalan pula lalapan plus cocolan sambel yang tentunya sebagai menu fardlu alias wajib untuk menyantap nasi timbel.

Dengan modal Rp. 10 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati nasi timbel komplit dengan ayam goreng, tahu atau tempe. Dengan menambah beberapa ribu rupiah Anda akan menikmati segarnya segelas jus sebagai penutup makan siang Anda.




Peta: SPBU Martanegara Asri - Nasi Timbel Bawean

Sumber: http://dieny-yusuf.blogspot.com

No comments:

Post a Comment