Sunday, May 5, 2013

Parit 9 Seafood

Parit 9 Seafood

Nah ini dia tempat makan crab (kepiting) yang uenak buanget, Parit 9 seafood, Jl. Anggrek Bandung. Sebelumnya Parit 9 ini berjualan di jl. Cendana, yang di sebrangnya ada yang jual gorengan, kayaknya lumayan terkenal tuh "Gorengan Cendana", secara gorengannya guede2 gitu, hahaha...

Back to Parit 9, kalo makan disini jangan lupa pesan Kepiting saus singapore, rasanya bener2 uenak, pedas dan gurih, mmm pokoknya enak banget deh. Campuran bawang putih, cabe, bawang daun iris (ama bumbu apalagi ya??) yang ditumis, rasa manis gurihnya terasa banget, apalagi pedesnya ^_^ dengan kepiting yang bisa kita pilih sendiri ukuran dan jenisnya (ada kepiting telor, isian, ama banci). Kalo kepiting telor sih dagingnya agak kurang manis, tapi telornya buanyak, bagi yang suka telor sih boleh juga pilih itu. Berhubung pernah pesan kepiting telor dan lebih suka dengan daging kepiting, akhirnya pilih kepiting isi. Untuk 1 orang sih cukup yang 500gr, ditambah dengan tumis brokoli, kerang rebus, muantap deh kenyangnya, hehehe, banyak juga pesennya.

Bagi yang ga suka pedes cabe, bisa juga minta dimasak dengan cara lain, seperti kepiting lada hitam (itu kan bukan pedes cabe :P), dll. Selain kepiting, ada juga ikan, udang, cumi, kerang (namanya juga seafood). Ikannya banyak macamnya, ada ikan fresh ama ikan hidup. Kalo masakan ikan, tim kerapu enak juga, bawal putih bakar enak juga. Tapi diitung2 aja dulu kalo mau makan bawal putih, secara udah pilih2, uda pesen mau diapain, uda dimakan, pas liat bill nya jangan kaget, harga bawal putih emang agak mahal :P

Kalo untuk harga kepiting, ga usah khawatir, dijamin memuaskan, murah meriah. Untuk kepiting isi hanya Rp. 5000/ ons, kepiting telor Rp. 7000/ons. Ditambah ongkos masak (ongkos bumbu) Rp. 5000 per porsi. Kalo ditotal sih kyknya lebih murah deh, dengan kualitas yang ok banget, dibandingin ama tempat seafood yang baru2 ini heboh dengan menonjolkan "harga kaki lima, kualitas bintang lima". (perasaan makanan hotel bintang lima juga ga enak2 banget tuh :P)

Kalo di d'cost itu cuma nonjolin makanan dasar aja yang murah, kayak nasi putih Rp. 1000 sepuasnya, teh tawar Rp. 100 sepuasnya (emangnya disana makan nasi putih ama minum teh doang :P), tetep aja makanan utama (lauknya) mahal, dengan porsi yang ga terlalu besar dan ga terlalu enak.

Tapi belakangan ini, terakhir ke Parit 9 waktu lebaran kemaren, kepitingnya lebih kecil2, dan ga bisa milih lagi, dan udah dipack per 1 kg gitu. Jadi mau ga mau, pesen yang 1 kg deh, kenyang2 dah... :D. Trus rasanya jadi ga exciting lagi mau ke bandung ( ke Parit 9), kepitingnya jadi kecil2 T_T, gak seru makannya kalo kecil2, banyak cangkangnya, jadi susah makannya, hehe...
Apa gara2 stok waktu lebaran abis ya, kepiting gedenya jadi digantiin ama kepiting kecil, gak tau juga deh. Ntar coba deh kesana lagi sekitar pertengahan bulan ini, sapa tau kepitingnya tetep gede2, jadi bisa milih, hehehe.

Oh ya mau bandingin juga nih ama kepiting asap di Rasane, Jl. Pesanggrahan Jakbar. Rasane itu nonjolin kepiting asapnya, tapi kayaknya rasanya ga terlalu menggigit deh, trus harga 1 kepitingnya bisa 4x nya makan di Parit 9. Kebayang kan? Emang sih kepitingnya gede banget, sekitar 8 ons gitu, kalo makan sendiri ga bakal abis (untung datang berdua waktu itu), kecuali lambung lu emang gede banget, hahaha... . Ditambah lagi dengan pelayanannya yang super duper lamaaaaaaaaaa banget. Kita harus sering tanya ke pelayannya, pesanan kita udah selesai dibuatin ato belum. Kalo ga ditanya mungkin mereka lupa bahwa kita pesan, hahaha... Sempet juga emosi tuh gara2 nunggu lama, eh orang yang datang terakhir malah datang duluan makanannya.

Akhirnya makanan datang, 1 piring berisi kepiting asap yang masih dibungkus daun pisang dan gak panas isinya, hanya bagian luar (daun) saja yang hangat2 tai ayam. Trus datang lah 1 piring nasi, berisi 2 scope nasi=2 porsi. ??? @#$%! apaan nih? sepiring berdua? Panggil lagi pelayannya, 'mbak minta piring kosong dong, masa sepiring berdua' (sambil menahan emosi).
Gak lengkap kalo makan gak pake sayur, pesanan cah kangkung akhirnya datang, tapi kok batang kangkung semua yah? Salah tulis di menu kayaknya, harusnya "cah batang kangkung".


Peta: SPBU Martanegara Asri - Parit 9 Seafood

Sumber: http://selimut-biru.blogspot.com

No comments:

Post a Comment