Friday, July 12, 2013

Viking Boys, Sekali Tampil Habiskan Jutaan Rupiah


Viking Boys, Sekali Tampil Habiskan Jutaan Rupiah


Bandung – Siapa sangka koreo-koreo nan indah di setiap pertandingan kandang Persib Bandung, menghabiskan budget lebih di atas Rp5 juta?

Ya, kondisi tersebut memang terbilang setimpal, dengan apa yang telah Viking Boys berikan kepada puluhan juta penonton sepak bola di Tanah Air.

Dalam satu kali pertunjukan, tim kreatif Viking Persib Club (Viking Boys) harus menyiapkan rata-rata sebanyak 30-40 rol bahan pelastik, 50 Flare dan 1.000 Papper Roll. Namun ketika ada larangan untuk tidak menyalakan flare, budget flare pun dialokasikan kepada kebutuhan lainnya.

“Untuk setiap koreo, rata-rata kita menghabiskan dana sebesar Rp8-10 juta. Itu untuk semua keperluan yang sifatnya untuk kepentingan koreo. Seperti bendera, bahan pelastik, papper roll dan flare. Tetapi setelah adanya larangan untuk flare, kita pindahkan dana flare untuk yang lain,” kata salah satu tim kreatif Viking Persib Club Vemil.

Untuk penggalangan dana sendiri, pihaknya mengaku mendapatkan budget dari donatur-donatur dan pengusaha. Selebihnya adalah hasil sumbangan anggota. “Untuk pendanaan, kita cari donator dan pengusaha. Juga ada hasil dari sumbangan anggota sebagian,” ucapnya.

Terlepas dari soal pendanaan, dalam setiap aksinya. Viking Boys memerlukan waktu kurang lebih dari dua jam untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kendati saat ini masih berjumlah 70 anggota, namun waktu dua jam, dikatakan Vemil dapat dimaksimalkan dengan baik.

“Justru yang lama itu ketika kita membuat konsep. Biasanya satu pekan sebelum pertandingan, kita sudah berembuk. Urutannya seperti ini, di hari pertama kita bikin dahulu konsepnya, hari kedua kita mulai belanja segala apa yang diperlukan, terutama masalah bahan. Hari ketiga, kita sudah mulai memotong bahan. Hari keempat, kalau masih ada kekurangan bahan, kita beli bahan lainnya juga. Nah hari kelima, kita mulai brefing. Hari keenam kita mulai natain dan terakhir kita baru finishing,” pungkasnya. [gin]

Sumber: http://www.inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment