Monday, July 8, 2013

Papan Atas Makin Panas, Persib Butuh Kerja Keras


Papan Atas Makin Panas, Persib Butuh Kerja Keras


Bandung - Persaingan di papan atas makin ketat. Persib butuh kerja ekstra untuk menyusup ke posisi runner up.

Peluang Persib dinilai masih terbuka untuk mengamankan tiket AFC yang diperuntukkan bagi juara kedua. Terlebih, selisih poin di peringkat lima besar hanya berbeda tipis.

Persib saat ini masih tertahan di peringkat tiga, dan mengemas 54 poin hasil dari 27 kali bertanding. Di atasnya, Arema Indonesia berselisih dua angka dengan Maung Bandung, yakni 59 poin dengan catatan bertanding 28 kali.

Peringkat empat ditempati Sriwijaya FC, juga berselisih dua poin di bawah Persib, dengan nilai 52 dari 26 laga. Di bawahnya, Mitra Kukar yang sudah 28 kali berlaga dan mengemas 51 poin.

Sementara Persipura Jayapura, hanya membutuhkan enam poin lagi untuk mengunci gelar juara Indonesia Super League (ISL) musim ini. 70 poin dari 29 laga, sulit dikejar oleh keempat pesaingnya tersebut.

Fokus adalah kunci pertama yang harus ditanamkan Pelatih Djadjang Nurdjaman kepada pasukannya untuk mengejar Arema dan menjauhi Sriwijaya FC. Djanur singkatnya, masih optimistis mampu merebut poin untuk bertengger di posisi dua.

"Saya optimistis Persib bisa masuk dua besar. Peluang kita masih terbuka lebar," kata Djanur beberapa waktu lalu.

Menurut Djanur, meski berpeluang besar finis di posisi dua, perjuangan yang akan dijalani tim kesayangan bobotoh ini tidak mudah, mengingat Arema dan Sriwijaya FC pun punya misi yang sama.

"Mungkin bukan hanya kita yang mempunyai target itu, tim lain pun sama. Jadi kita harus mau kerja ekstra untuk mengejar posisi itu," ucap mantan asisten pelatih Indra Tohir dan Rahmad Darmawan ini.

Djanur pun berharap, setelah terpeleset dengan ditahan imbang Mitra Kukar 0-0, permainan Firman Utina dkk konsisten sampai akhir musim. Sebab jika tidak, dikhawatirkan bukannya bisa meraih target, namun malah terpental dari tiga besar klasemen, mengingat selisih poin dengan Mitra Kukar dan Barito Putra juga terbilang tipis.

Penggawa Persib pun, tampaknya paham dengan hitung-hitungan tersebut. Hanya meraih satu angka saat ditahan imbang Mitra Kukar, tak membuat Sergio van Dijk pesimistis. Dia tetap yakin, selama seluruh pemain mau bekerja keras, Persib bisa merebut kembali posisi dua.

"Kita mau juara, tapi Persipura sudah terlalu jauh. Dan posisi dua saat ini penting. Itu realistis untuk kita dapatkan. Kondisinya memang cukup sulit, karena kemarin kita drop. Kita harus bangkit, dan kerja ekstra. Saya yakin kita pasti bisa runner up," tegas Sergio belum lama ini.

Kemenangan di tujuh laga tersisa, kata Sergio sangat penting diraih Maung Bandung untuk menjaga persaingan di papan atas. Sekali saja tergelincir, tentu saja akan mempersulit target Persib di runner up.

“Kita harus terus menang. Kalau sampai kehilangan poin lagi, tim lain bisa maju. Saya juga kecewa, baru kali ini saya rasakan seperti ini. Di saat teman-teman berjuang, saya hanya bisa menonton,” keluh pemilik nomor punggung 10 ini. [ddy]

Sumber: http://www.inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment