Tuesday, July 2, 2013

Oknum Bobotoh Rusak Dua Mobil Pelat B di Dekat Gedung Sate Bandung

Oknum Bobotoh Rusak Dua Mobil Pelat B di Dekat Gedung Sate Bandung



Bandung - Oknum bobotoh merusak dua mobil berpelat B atau asal Jakarta yang parkir di kawasan dekat Gedung Sate atau di Jalan Cimanuk dan Jalan Citarum. Massa beratribut serba biru dan berkaus Persib itu melempari mobil dengan kayu dan batu. Mobil-mobil itu rusak parah.

Insiden tersebut berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB, Sabtu (22/6/2013). Mobil Honda Jazz silver bernopol B 1480 FFG tiba-tiba diserang seratusan oknum bobotoh yang menunggangi sepeda motor. Mobil terparkir di Jalan Cimanuk itu ditinggal pemiliknya, Burhanudin Jusuf (19), yang menikmati sajian kuliner di salah satu rumah makan.

Burhanudin sengaja tidak membawa mobil ke jalanan di Bandung lantaran mengetahui massa pendukung Persib berkeliaran. Ia pun memilih 'bersembunyi' di rumah makan bersama enam rekannya yang ikut mobil itu. Nahas, upaya menghindar malah menjadi korban keberingasan segelintir bobotoh.

"Tadi itu mobil lagi diparkir. Tiba-tiba ada seratusan orang pakai sepeda motor. Mereka berkaus biru Persib. Mobil dilempari batu dan kayu," ucap Burhanudin sewaktu membuat laporan di Mapolsek Bandung Wetan, Jalan Cihapit, Kota Bandung.

Sebelumnya, kata dia, salah satu pelaku sempat berhenti di dekat mobilnya. Pelaku curiga lantaran pelat nomor belakang mobil dihalangi seorang juru parkir. Pria dewasa beratribut Persib itu mengecek ke bagian depan mobil. 

"Pelaku teriak, 'ini plat B'. Kemudian provokator itu memberi instruksi ke teman-temanya. Mobil saya langsung dirusak. Kejadiannya sekitar lima menit," tutur mahasiswa Unpad semester 4 yang mengambil jurusan Manajemen ini.

Burhanudin dan sohibnya hendak melawan. Namun warga sekitar menyuruhnya tidak bereaksi. Seratusan bobotoh bubar setelah warga sekitar melerai. Mobil milik orang tua pemuda tersebut mengalami kerusakan parah. Kaca belakang hancur berantakan. Kaca depan retak, dan body mobil penyok. Kaca sopir dan penumpang bagian depan pun bernasib serupa.

"Ini musibah. Saya berharap suporter Persib tidak mengulangi perusakan lagi di masa mendatang," ucap Burhanudin yang sudah menyampaikan informasi kepada orang tuanya di Cikarang perihal insiden perusakan itu.

Satu mobil lainnya yang parkir di Jalan Citarum turut diamuk pelaku diduga oknum bobotoh. Kaca bagian belakang dan depan mobil Toyota Yaris hitam bernopol B 1019 PFX ini pecah dilempar baru. Body mobil pun penyok-penyok diduga dihantam kayu. 

Dua spion hancur dan terlepas dari dudukannya. Mobil tersebut diamankan di halaman Mapolsek Bandung Wetan. Sewaktu hendak dikonfirmasi, pemilik mobil tidak berada di tempat.

Belum diketahui pasti berapa jumlah mobil yang menjadi korban perusakan oknum bobotoh. Aksi brutal bobotoh diduga kuat buntut insiden perusakan bus pemain Persib di Jakarta yang hendak bertarung melawan Persija di Gelora Bung Karno (GBK). 

Sore tadu, ribuan bobotoh menyesaki Jalan Pasteur untuk menanti kedatangan pemain Persib di Tol Pasteur. Namun bus rombongan skuad 'Maung Bandung' tak kunjung tiba lantara singgah di Karawang.

Bobotoh menunggu di Jalan Pasteur sempat berulah dan menyisir kendaraan plat B. Insiden pelemparan dan pemukulan mobil plat B pun tak terhindarkan. Namun peristiwa itu tidak merembet panjang setelah polisi dan beberapa pendukung Persib menenangkan massa.

Sumber: http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment