Monday, July 8, 2013

Jadi Kiper Persib, Bangga Tak Terkira


Jadi Kiper Persib, Bangga Tak Terkira


Bandung – Mantan Penjaga gawang Persib era 80-an Agus Atha sudah mulai meniti kariernya di tim Persib Junior sejak tahun 1981. Dia hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk membawanya bergabung ke tim Persib lapis kedua.

Hampir selama lima tahun Agus berada di tim Persib B, dia berkesempatan masuk ke tim senior Persib pada 1987.

Setelah bermain selama lima tahun, dia pun melepaskan kostum skuat Maung Bandung di tahun 1992. Memasuki tahun 1995, Agus pun kembali merumput bersama tim Warna Agung Serang Jaya, lalu pindah ke Mataram Indosemen Yogyakarta. Satu tahun kemudian, dia memutuskan gantung sepatu pada tahun 1997.

Pemilik nama asli Agus Sobana ini menuturkan, sebenarnya bakat mengawal jala gawangnya tersebut merupakan telanta alami dari dalam dirinya. Lebih dari itu, dia hanya mengembangkan kemampuannya sendiri tapa ada instruktur. Berbeda dengan kiper zaman sekarang yang memiliki pelatih khusus tersendiri.

“Saya dulu ga ada yang ngelatih, ya naluri aja insting sendiri, telat ketemunya juga pas di SMA. Tapi sekarang lebih spesifik, spesialis menangani khusus penjaga gawang,” kata Agus saat ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung, Senin, (8/7/2013).

Meski terhitung tidak terlalu lama bermain untuk skuat Maung Bandung, kenangan bersama rekan sejawatnya tak sanggup dilupakan Agus. Jika menyangkut kekompakan tim, dia senantiasa merasa hal itu menjadi pengingatnya akan tim Persib.

Tidak hanya itu, jomplangnya nilai financial antara pemain Persib saat ini dan para pemain pada zamannya terdahulu menjadi bagian momentnya kala berkostum Maung Bandung. Karena waktu itu, uang seratus ribu rupiah hanya bisa Agus dapatkan ketika melakoni pertandingan.

“Dulu merasakan, temen sakit semua sakit, hanya kebersamaan lebih kuat. Dulu dapet uang transportasi Rp1.000 kalau latihan, terus pas Training Center di Subang 10 ribu per hari, nah paling pas pertandingan suka dapet seratus ribu,” terangnya. [gin]

Sumber: http://www.inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment