Monday, April 1, 2013

Bakmi Yogja Bengawan


Bakmi Yogja Bengawan

Musim hujan, dingin, malam-malam tampak nya waktu yang pas untuk menikmati makanan hangat dan bercita rasa khas. Jumat malam lalu, saya sudah siap-siap meninggalkan kantor ketika tiba-tiba telepon saya berdering. Mba Esti mengundang saya untuk datang ke Bakmi Jogja Bengawan untuk merayakan ulang tahun Bu Nani. “Hmmm…malem-malem, dingin pas banget makan bakmi jawa. Tanpa ba bi bu lagi saya iyakan ajakan Mba Esti dan menggeber motor (eh kesannya kok seperti ngebut ya) ke Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan. Lumayan dekat dari kantor.
Bakmi Jogja Bengawan Depan
Bakmi Jogja Bengawan

Persis di depan SMP Pangudi Luhur saya berhenti. Disana Bakmi Jogja Bengawan berada. Disana sudah ada Bu Devi, Bu Nani, Mba Esti dan Pak Mustaf. Wah sudah ramai. Di depan ada dapur. Letak dapur di posisi paling depan sepertinya untuk menunjukkan proses masak kepada para pengunjung, asumsi saya. Dengan begitu proses masak yang higienis dan menggunakan bahan-bahan alami dapat terlihat jelas. Di sebelah kiri tampak rombong wedang ronde. Hmm…teman yang pas.
Dapur         Angkringan Wedang Ronde
Dapur                                             Angkringan Wedang Ronde

Begitu masuk ruang makan utama, suasananya rumahan banget, atau orang londo bilang homey. Pencahayaan ruangannya temaram romantis. Ruangan utama ini bebas asap rokok. Buat para pecinta rokok, sampeyan semua silahkan di beranda. Disana memang dikhususkan untuk sampeyan. Telinga anda akan disambut klenengan gending jawa. Hwaduh….serasa di Jogja beneran. Pas banget kalo menikmati makanan khas Jogja juga. Saya langsung pesen bakmie godog spesial ayam. Mie rebus. Untuk minumnya saya minta ditemenin sama wedang Jahe.
Ruang Makan          Ruang Makan
Ndak lama kemudian (ndak sampai 10 menit lho) pesanan saya datang. Kepul asap mie rebus sangat mengundang selera. Belum lagi melihat irisan tomat dan cabe rawitnya. Weleh-weleh…langsung saya santap panas-panas. Naymleng bener. Rasa gurihnya mantap. Suwiran daging ayam dan ati ampelanya nikmat ditemani kerupuk nasi yang tipis nan gurih. Makan malam saya tokcer bangetlah menghajar rasa lapar yang dari tadi mendera. Setelah saya hajar habis bakmi godog, saya beralih ke wedang jahe yang sejenak tadi saya anggurin. Begitu diseruput…nyosshh rasa hangat khas jahe menyelinap ke segenap ruang rasa dalam tubuh. Anget…nikmat. Keringat pun mulai bergerilya di sekujur tubuh. Selain Bakmi godog favorit saya, anda juga bisa menikmati bakmi goreng, nasi ruwet, ronde jawa dan kopi jahe.
Bakmi Godog          Nasi Goreng Biasa
Pengunjung setiap akhir pekan ramai. Kebanyakan kalangan berumur walaupun tidak jarang juga anak-anak muda. Bakmi Jogja Bengawan di Jakarta baru berdiri tiga bulan yang lalu. Awalnya di jalan Bengawan Bandung yang sudah berdiri selama enam tahun. Penasaran dengan rasa khas bakmi jawa satu ini? Monggo mampir Mas..Mbak.



Peta: SPBU Martanegara Asri - Bakmi Yogja Bengawan

Sumber: http://www.yusron.com

No comments:

Post a Comment